Pada saat ini media informasi sudah banyak
berkembang. Teknologi telematika yang telah berkembang mampu menyampaikan suatu
informasi melalui media yang semakin canggih. Telematika adalah singkatan dari
telekomunikasi dan informasi. Ini merupakan suatu bentuk hubungan saling
bertukar informasi dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Layanan telematika
itu adalah layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan
yang di dasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Dari
berbagai sumber yang saya baca, jenis-jenis telematika itu dibagi menjadi 4,
yaitu:
1. Layanan Telematika
di bidang informasi
Layanan yang pertama adalah
layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai
informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan wawasan
sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi.
Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
·
Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang
informasi cuaca.
·
Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi
yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.
2. Layanan
telematika di bidang keamanan
Layanan yang kedua adalah layanan
keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data
dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada tempatnya. Contoh dari
layanan telematika di bidang keamanan :
·
Antivirus memberikan keamanan untuk menangkal
dari serangan virus.
·
Internet Security mengamankan komputer dari ancaman
akses koneksi lewat internet.
3. Layanan
context aware dan event-based
Context-awareness merupakan
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi
user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari
layanan telematika context aware & event based :
·
Location-based service mencari data lokasi
dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
4. Layanan
perbaikan sumber
Layanan perbaikan sumber yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar